Senin, 30 Mei 2011

Apaan tuh "Lebay" ???


Lebay mungkin kini mulai akrab di indra pendegaran kita, terutama kaum muda. Istilah ini mulai terdengar dan dipakai sekitar awal tahun 2006 oleh anak2 gaul di Jakarta. Gua sendiri baru denger kata2 lebay *denger langsung lho* sebulan terakhir ini (di kota Boyolali tentunya). Klo diitung2 Jakarta-Boyolali ga da 12 jam, tapi mengapa istilah ini nyampe lama banget di telinga mboys2 di kota ini ya???!! Hampir 2 tahun, busyett lama banget kan?? Klo di kota kalian gimana bro??
Mendengar saja ternyata ga cukup, Selasa kemarin (22/07) gua disebut lebay ma seorang cewek manis berkulit putih, berambut hitam panjang, berpawakan imoet dan bersenyum manis ? . Novinda namanya (moga ga salah ketik) anak Sastra Inggris Non-Regular 07. Biasalah obrolan orang yang baru kenal, agak narcist2 gitu and penuh dengan tipu daya, trik2 dan sedikit tipu2 (baca=TePe2). Gua ngaku angkatan 2006, eh dia percaya aja hehe. Obrolan makin ngalur ngidul dan tentu aja jadi ga terfokus (mulai dari nanya nama ampe rute ke rumahnya). Sampai pada suatu momen dia bilang “huh dasar lebay” dengan gaya ngomongnya yang bikin kangen (hue22 gua ga mendua kok cu***…)
Nah dari situlah gua jadi penasaran ma yang namanya lebay. Dulu lebay-kan diartiin banci/playboy dan sejenisnya. Tapi dalam konteks kemarin ga nyambung. So mulailah browsing internet via opera mini yang sudah terinstall di hape Motorola C380 (ni hape punya mbak, gua ga punya hape, dah tak jual hiks. Dan terpilihlah pengertian lebay yang cocok gua angkat di posting ini:

1. lebay itu norakkzz gitu dech atawa melakukan sesuatu secara berlebihan n sometimes g bgt gitchu looh….
Contoh dalam kalimat :
Sista : Tau ga seh lo, td pagi gw abizz diajak ngeDate gitu ama si Joko. Happy bgt…
Sisiel : Ah, lebay bgt lw ! Diajak ngeDate aja segitu happynya. Blm diajak kawin khan ?

2. yang ga lucu tapi di lucu2in gitu d…. mirip2 jayus….
Contoh dalam kalimat :
lita: nih liat.. dance gw lucu kan…
tari: kaya gt dblang lucu…
lebay bgt lage…!

3. playboy/playa
Contoh dalam kalimat :
ih, jangan mau sama si anto dia lebay abees kalee

4. segala macam bentuk apapun yang tidak pada tempat yang benar gitu.. misalnya muka yang salah lokasi, bibir salah cetak, ngelawak sama tembok atawa diri sendiri dan haiwan-haiwan…
Contoh dalam kalimat :
Anjriiiittt!! Neeh muka yang baca ni tulisan lebay bangat !! Siwalan gw ga tahan dengan kelebayan loe taukh !!

5. terlalu berlebihan / over / norak / muka tembok / ngga tau malu
Contoh dalam kalimat :
“idiih lebay deh loh…”
artinya : aduh gaya loh norak banget sih…

6. lebay asal kata dari lebah jadi diplesetin jadi lebay… karena lebah itu penghasil madu jd terkadang weice-weice TL klo bilang ke weice yang laris bilangnya lebay..
Contoh dalam kalimat :
eh boo.. lebay banget si looo hari ini dapat brondong 2 lusin..

7. Lebay adalah suatu ketika dimana seorang anak adam n hawa melakukan perbuatan nista yg berlebihan n tdk karuan. Dalam bhs gaul internasional lebay d knal dg istilah HIPERBOLA nama orang yg melakukan hal tsb adalah HIPERBOLIST atau dalam bhs gaul indo LEBAY MADU
Contoh dalam kalimat :
Cinta laura adalah contoh orang lebay coz mana uyjan gak ada oyjek beycek mata lo beylek idung lo pesyek d patok beybek nyokap lo peyrek…

Gua baru tahu ada website macam gini di indonesia. Situs yang mengangkat bahasa gaul anak muda di Indonesia. Lumayan lengkap dan gila2 istilahnya dan yang pasti kita klo tahu arti sebuah istilah gaul (slang) pun diberi kesempatan untuk posting definisi istilah slang tersebut. Ditambah contoh kalimatnya, yang rata2 berbentuk dialog, membuat situs ini layak dijadiin referensi istilah gaul anak muda. So jangan lupa maen ke situs ini ya?? *promo mode on*
Lebay adalah sebuah kata istilah yang kemunculannya pernah saya dengar sejak tahun 2006 itu berarti melebih-lebihkan diri sendiri tanpa memperdulikan tanggapan ataupun pertimbangan-pertimbangan yang ada ditengah masyarakat. Dalam arti singkatnya, Lebay bisa berarti Sombong / Egoistik / Terlalu berlebihan. Dalam berpendapat, mereka yang Lebay biasanya menanggap diri mereka yang benar dan apa yang menjadi sudut pandang ataupun pendapatnya sudah menjadi ketetapan yang sulit diubah lagi. Mereka yang Lebay, sulit untuk menerima pengakuan orang lain yang tidak dia sukai tentang dirinya.
Sangat senang menerima apa yang menjadi harapannya dan menolak apa yang tidak dia sukai. Contoh yang paling simpel, bisa kita lihat pada para anggota DPR yang seakan-akan mereka adalah para manusia Mulia dan Tanpa Dosa. Itulah contoh manusia Lebay. Simpel mungkin terdengar, tapi kenyataannya mereka yang tergolong manusia Lebay biasanya memancing keengganan manusia lain untuk mendekat kepada mereka yang Lebay. Mereka yang Lebay, dengan sikap mereka seperti itu sama saja membuat tembok yang tinggi untuk orang lain mengenal dan menjalin sebuah hubungan yang baik. Biasanya orang lain akan menjaga jarak terhadap mereka yang termasuk kedalam katagori ini. setelah membaca hasil googling gua, mungkin teman2 mulai berpikir, “lebay-kah gua??”
Nah trus ada kaitan ga antara lebay dan narcist?? Hemm, jelas beda dan sedikit sekali kaitan antara keduanya. Klo narcist itu lebih ke sifat over pede (tentu dengan batasannya, tergantung konteks situasi) sementara lebay lebih ke sifat suka melebih2kan realita dan gombal, omongan yang bullshit-lah. Orang narcisst akan lebih dikaitkan dengan orang yang confidence dan menurut gua ini sih sah2 aja, selama masih dalam batasan, misal klo cewek itu kulit item ya jangan narcist sok kaya britney donk, tapi narcist kaya rihanna gitu. Kita yang punya temen narcist pun harus positif thinking, angguk2 aja apa susahnya sih buat senengin temen kita sendiri?? Hehe…
sementara orang lebay lebih dikaitkan melebih2kan, bisa sesuatu ato diri sendiri, agak sombong, tapi sombong pada sesuatu yang ga layak disombongin, norak dll pokoknya yang ga banget deh. Misal gua ni ya, diijinin maen kerumah cewek aja dah gembar-gembor ke semua blogger, ampe ngaku2 dah jadian via radio metta FM pula, lebay ga tuh???
Nah dari contoh gua itu jelaskan klo lebay itu ga baik, sebenernya tergantung konteks situasi juga sih, tapi lebay lebih banyak bermakna negatif. So buat kamu2 yang disebut lebay jangan bangga, introspeksi dan segera berubah. Jangan berpikir lebay itu LEmah gemulAY lhoh!! *itu gua dulu ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar